Tuesday, July 26, 2011

Tips Menghadapi Komputer/Laptop yang Lambat (Tips To Deals Computers/Laptops Too Slowly)


Sebenarnya mendeteksi komputer/laptop yang lambat tidak terlalu sulit. Asal kita tahu setiap komponen yang ada di dalam komputer/laptop tersebut.

Berikut ini kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan komputer/laptop anda lambat.



1. Primary harddisk yang terlalu kecil

Pada saat kita menginstall OS, pastikan primary harddisk tidak terlalu kecil. Karena jika terlalu kecil, yang terjadi adalah laptop anda akan lemot dan rating laptop anda menjadi sangat rendah.
Contoh : Jika laptop kamu memiliki harddisk dengan kapasitas 320 GB, usahakan primary harddisknya (biasanya berupa folder C:\) berukuran 90 GB, supaya laptop anda tidak terjadi lag yang berlebihan.

2. Laptop/Komputer anda terjangkit virus
 
Virus merupakan musuh terbesar bagi komputer. Virus dapat merusak sistem dari sebuah komputer. Virus selalu melakukan interupsi pada algoritma sebuah aplikasi yang telah terinfeksi oleh virus tersebut, selain itu virus juga membuat service-service yang mengganggu. Sering-sering komputer anda di-scan dan update selalu antivirus yang anda gunaka (kalau saya menggunakan Avast! karena memiliki fitur yang keren dan kecepatan scan tidak terlalu lama).

3. Jangan menjalankan aplikasi secara bersamaan (Multitasking)
Multitasking merupakan suatu kegiatan yang membuat komponen-komponen laptop/komputer bekerja ekstra keras. Prosesor-lah yang menjadi korban utama dari suatu kegiatan ini. Jika RAM anda 1GB DDR3, VGA Intel 128MB, dan Harddisk 90 GB sedang bermain PES2011, sambil membuka Winamp, plus sedang menjalankan scan, maka tamatlah riwayat dari laptop/komputer anda.

4. Usahakan jangan terlalu banyak menginstall aplikasi
Terlalu banyak aplikasi yang terinstall membuat harddisk, memory, prosesor dan komponen lainnya bekerja sangat keras. Banyak terjadi proses pembacaan yang tidak penting atau yang tidak dibutuhkan. Jika komponen tersebut bekerja sangat keras, kemungkinan yang terjadi adalah sering terjadinya lag, dan kemungkinan terburuk adalah efek BSOD (Blue Screen of Dead).

5. Menumpuknya startup


Biasanya, startup yang berlebihan (lebay) menghambat kita melakukan starting ke Windows. Bagaimana caranya mengurangi startup yang berlebihan? Berikut ini caranya mengurangi startup.

1. Buka CMD, kemudian ketik "msconfig", klik OK


2. Ketika muncul System Configuration, klik startup


3. Pada menu startup, centang aplikasi yang anda inginkan pada startup, kalau menghilangkannya jangan dicentang saja. Kalau sudah, klik OK.

4. Maka startup anda sudah selesai dikonfigurasi

No comments:

Post a Comment