Friday, May 27, 2011

Tsunami di Sumatera (Tahun 1833)

Pada tahun 1833 gempa bumi yang dahsyat di lepas pantai Sumatra Tengah di Indonesia menghasilkan tsunami yang merusak yang telah mempengaruhi Sumatera dan cekungan Samudera Hindia dan seluruh pantai barat Australia.

Tidak banyak data mengenai dampak tsunami 1833 di Sumatra, Australia, Sri Lanka, India, Maladewa atau di salah satu pulau atau negara-negara yang berbatasan dengan Samudera Hindia. Tidak diragukan lagi tsunami harus sudah buruk di pantai berdekatan Sumatera. Namun, karena orientasi daerah menghasilkan, sebagian besar energi tsunami dipancarkan terutama ke daerah pesisir tidak berpenghuni dari Southwest Samudera Hindia.

Tsunami pasti memiliki dampak pada Sri Lanka, Maladewa, Madagaskar dan pulau-pulau lain dan garis pantai di Afrika. Tidak banyak energi yang dipancarkan ke arah Teluk Benggala, sehingga India - dengan pengecualian mungkin dari Tamil Nadu Negara - tidak sangat mempengaruhi atau merupakan garis pantai Bangladesh, Burma atau Thailand. Juga karena orientasi daerah tsunami sumber, Australia Barat tidak terpengaruh dengan cara yang signifikan.

Tsunami Menghasilkan Area Baru

Pecahnya gempa 1833 diperkirakan telah antara 300-350 km. Itu jauh lebih kecil dari 1.200 km pecah dari 26 Desember 2004. Meskipun besarnya gempa bumi 1833 itu hebat, daerah tsunami menghasilkan jauh lebih kecil dibandingkan tahun 2004 - yang terakhir yang membentang sepanjang dua segmen dari batas Sunda besar tektonik di Sumatra utara dan Laut Andaman.

No comments:

Post a Comment